AIR TERJUN TESBATAN, OASE TERSEMBUNYI DI PULAU TIMOR




Di balik alamnya yang gersang dan panas, Pulau Timor di Provinsi NTT, menyimpan keindahan alam yang mempesona. Mulai dari pantai, gua hingga air terjun. Salah satu air terjun cantik di Pulau Timor yang menarik perhatian saya adalah Air Terjun Tesbatan.

Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai Air Terjun Tesbatan. Bertanya ke teman-teman yang asli Kupang, kebanyakan juga tidak tahu. Informasi yang ada hanya dari internet, itu pun tidak banyak. Paling hanya memberitahukan bahwa Air Terjun Tesbatan berada di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang tanpa memberitahukan rute jalan menuju air terjun tersebut.

Berbekal informasi yang minim tersebut, di hari Sabtu yang lumayan cerah, di penghujung Bulan Desember, saya mengunjungi Air Terjun Tesbatan seorang diri. Saya mengendarai sepeda motor kesayangan, Bonito. Dari Kota Kupang, saya mengambil jalan ke arah Soe/Kefamenanu melalui Jalan Timor Raya. Selanjutnya, di pertigaan/Pasar Oesao, belok kanan ke arah Oekabiti.

Saya harus bertanya beberapa kali ke penduduk setempat arah jalan menuju Desa Tesbatan, karena tidak ada satu pun rambu-rambu/penunjuk arah ke Desa/Air Terjun Tesbatan. Penunjuk arah hanya saya temui di pertigaan Desa Tesbatan, di mana terdapat Tugu Tesbatan, sekitar 2.5 km menjelang Air Terjun Tesbatan. Itu pun sangat kecil dan tidak terlalu kelihatan. Di penunjuk arah tersebut, ditulis Air Terjun 2 km, namun kenyataannya 2,5 km.

 Tugu Tesbatan di pertigaan Desa Tesbatan

Jalan menuju Air Terjun Tesbatan sebagian besar sudah bagus. Namun, sekitar 400 meter menuju tempat parkir, jalan berubah menjadi jalan tanah berbatu tanpa aspal. Selanjutnya, dari tempat parkir, saya harus berjalan kaki sekitar 150 meter menyusuri jalan setapak hingga tiba di Air Terjun Tesbatan.

Tempat parkir Air Terjun Tesbatan yang berada di bawah naungan pohon bambu

Air Terjun Tesbatan berada di tengah hutan, di Desa Tesbatan. Saat saya tiba di sana, suasana benar-benar sepi, tak ada pengunjung lain satu pun. Sebenarnya, rada ngeri juga berada di tengah hutan sendirian. Apa lagi saat itu cuaca sedang mendung, jadi rada-rada gelap. Namun, segala rasa takut dan khawatir saya hilang begitu melihat Air Terjun Tesbatan yang sangat cantik.
 
 Jalan setapak menuju Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan tidak seperti air terjun kebanyakan, yang berada di tebing yang tinggi. Air terjun Tesbatan merupakan air terjun bertingkat (cascading) yang terdiri dari tiga tingkat di sebuah sungai. Yang paling mudah didatangi/dilihat dari dekat adalah air terjun paling atas karena posisinya tepat di pinggir jalan setapak. Di bawah air terjun ini terdapat kolam hijau kebiruan yang sangat menggoda. Namun, air terjun ini kecil dan tak begitu tinggi.

 
Air Terjun Tesbatan yang paling atas

Air terjun ketiga (paling bawah) lumayan tinggi, sekitar 3 meter tapi sulit untuk mencapainya karena letaknya di sungai yang dalam. Air terjun yang paling indah, sekaligus paling tinggi dan paling lebar adalah air terjun kedua (tengah).Tingginya sekitar 5 meter dan di bawahnya terdapat kolam yang dangkal. Kita bisa mandi dan bermain air dengan leluasa di air terjun kedua ini. Namun, akses jalan menuju air terjun ini sangat sulit. Saya harus menuruni jalan setapak di pinggir sungai yang sangat terjal, dengan kemiringan hampir 90 derajat. Saya menuruni jalan tersebut dengan sangat hati-hati sambil berpegangan pada akar-akar pepohonan.


Air Terjun Tesbatan yang menakjubkan

Untunglah saya bisa tiba dengan selamat di depan Air Terjun Tesbatan. Segera saja saya abadikan keindahan air terjun tersebut dari berbagai sudut. Cuaca yang mendung sangat mendukung, sehingga saya bisa mendapat foto-foto Air Terjun Tesbatan yang menawan.

Sebenarnya saya ingin mandi dan bermain air di Air Terjun Tesbatan. Namun, berhubung saya sendirian dan mendung semakin gelap saya membatalkan niat tersebut. Saya sudah cukup puas mengabadikan keindahan Air Terjun Tesbatan dengan kamera kesayangan saya. Mungkin suatu hari nanti, saya akan kembali mengunjungi Air Terjun Tesbatan bersama teman-teman agar bisa bermain air sepuasnya di sana. (edyra)***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "AIR TERJUN TESBATAN, OASE TERSEMBUNYI DI PULAU TIMOR"

Post a Comment