ENJOYING THE BEAUTY OF KUPANG UNDERWATER



Mungkin belum banyak yang tahu kalau Kupang mempunyai tempat snorkeling yang cukup menarik. Saya mengetahuinya juga dari blog milik teman yang suka jalan-jalan dan berpetualang. Spot snorkeling tersebut berada di Pantai Tenau tak jauh dari Pelabuhan Tenau. Untuk mencapai tempat ini, dari Kota Kupang arahkan kendaraan menuju Pelabuhan Tenau hingga tiba di Gua Monyet. Sekitar 100 meter di sebelah barat Gua Monyet terdapat “pertigaan” dengan  jalan berbatu menurun ke arah pantai. Parkilah kendaraan Anda di pertigaan tersebut dan lanjutkan berjalan kaki  sekitar 100 meter hingga Anda tiba di Pantai Tenau.

Panorama di Pantai Tenau cukup indah. Laut bergradasi hijau biru dengan Pulau Semau membentang di hadapan. Bibir pantai tidak berpasir tapi dibatasi tebing-tebing karang yang tajam. Karena itulah, snorkeling hanya bisa dilakukan saat air laut sedang surut. Ketika air laut pasang, Anda akan kesulitan turun ke laut kecuali Anda mau meloncat.

Laut di sekitar Pantai Tenau cukup dangkal tapi berarus. Saat laut sedang surut, air laut hanya sebatas paha sehingga Anda tak perlu berenang untuk melihat keindahan panorama bawah lautnya. Terumbu karangnya cukup rapat dan beragam. Ada karang keras dan karang lunak tapi sebagian besar didominasi karang keras jenis Acropora. Warna karangnya cukup beragam, mulai dari coklat, krem, pink, hijau, biru, hingga ungu. Berikut keindahan bawah laut Tenau yang sempat saya abadikan denagn kamera saya.











  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "ENJOYING THE BEAUTY OF KUPANG UNDERWATER"